Sunday 10 February 2013

[Tips] Membersihkan File Pada Drive C

Beberapa hari terakhir saya baru menyadari bahwa free space pada drive C saya hanya tersisa 2GB saja. Padahal saya tidak menginstall banyak software dengan ukuran besar dan juga file - file yang besar seperti koleksi film dan lagu - lagu juga saya simpan pada drive D. Mengapa bisa free space drive C tinggal segitu?
 
Karena merasa terganggu, akhirnya saya googling mencari solusi untuk membersihkan file - file yang tidak berguna agar drive C saya lebih lega rasanya. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa drive C saya penuh berdasarkan pengalaman saya sendiri.

1. Terdapat Folder Windows Old
Ternyata inilah penyebab utama mengapa harddisk saya terutama drive C penuh sesak. Ingat! Folder ini ternyata tersembunyi, kawan. Jadi, kalian harus setting pada Folder Option dengan cara Klik Start Menu -  Control Panel - Appearance and Personalization - Folder Option. Nah, ketika Folder Option sudah terbuka, pilih tab View - Centang Show hidden files, folder, and drivers - Hilangkan centang pada Hide Protected Operating System Files - Pilih Yes - Kemudian pilih OK. Sekarang coba kalian buka Windows Explorer (tekan tombol windows + E), buka drive C apakah ada folder windows old? Jika ada, maka inilah yang menyebabkan harddisk kalian penuh.
Tapi tenanglah, folder ini bukanlah virus, tetapi semacam folder yang menyimpan data lama kalian pada saat menggunakan operasi sistem yang lama. Dengan kata lain, kalian pernah menginstall ulang windows kalian dan pada saat instalasi kalian memilih keep update files, bener nggak?
Nah, untuk menghapus folder ini, caranya mudah sekali. Ikuti langkah - langkah di bawah ini:
1. Klik Start Menu - All Programs - Accessories - System Tools - Disk Cleanup
2. Kemudian pilih drive C (dimana folder Windows Old berada), tunggu beberapa saat
3. Pilih Clean Up System Files
4. Setelah itu, pilih dirve C lagi, tunggu beberapa saat
5. Centang Previous Windows Installation
6. Pilih OK
Selamat! Harddisk kalian (pada drive C) sekarang lega banget kan? Ini hasil yang saya dapatkan dari melakukan langkah - langkah di atas.

2. Menggunakan software CCleaner
Yep! Terbukti ampuh kok, membersihkan cache dan file - file yang sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan. Misalnya history di browser kalian, registry yang nggak bener, dll. Untuk download, silahkan kalian googling sendiri yah! Kalo mau yah usaha dong, bersusah payah dikit, hehe.

3. Membersihkan file temporary Internet Download Manager
Ini adalah salah satu penyebab mengapa harddisk kalian pada drive C tentunya sedikit terbebani, nggak besar juga sih, tapi apa salahnya membersihkan file yang memang sudah tidak dibutuhkan. Caranya gampang kok tinggal buka IDM dan delete file yang udah nggak dibutuhin lagi (misalnya udah males me-resume download).

Nah, segitu dulu info yang bisa saya bagi ke kalian. Kalau ada kesalahan, tambahan, dan informasi lainnya bisa kalian share di comment box. Supaya saya juga bisa belajar dari kalian, bisa saling berbagi ilmu. Hehe...

45 comments:

  1. Makasih nih....
    Bener2 membantu..
    Skali lagi makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep, sama - sama.. senang bisa membantu :)

      Delete
  2. gaberkurang banyak...
    cuma nambah free 1GB....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memang harddisk agan udah kabanyakan isi :)

      Delete
  3. gan di hardis D aku ada file yg ga bisa di hapus .tadinya video 3 gp 'gimana yahhh caranya/...........YANG LAINNYA udah hilang aga lega sihh 3 giga .munkin kalo file yg tadi bisa ilang lebih longgar.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba agan hapus file lewat cmd, caranya mungkin bisa lewar tutorial yang ane temuin hasil googling ini gan: http://otamega-no-hakka.blogspot.com/2013/02/v-behaviorurldefaultvmlo.html

      Delete
  4. muantaaap bro ...... thanks buangetz....

    ReplyDelete
  5. Gan , Syteam toolnya gak ada nih :(

    ReplyDelete
  6. Sangat membantu,....thank's ma sbro...

    ReplyDelete
  7. I love you !! Terimakasih banyak sangat sangat membantu

    ReplyDelete
  8. thanks bro, hardisk ane akhirnya lega

    ReplyDelete
  9. Thanks bro untuk infonya... benar benar membantu 😊 mantap bgt.

    ReplyDelete
  10. Thankss Bingiiit gan It reaaaally works
    Ini cara paling ampuh yang pernah saya temukan setelah googling k sana k marii T_T

    ReplyDelete
  11. makasih broo ... cara yg pertama baru tau gua.. dan stlah dicoba dr yg pertama sisa 8gb menjadi 54gb. its amazing

    ReplyDelete
  12. Luaaarrrrr Biasaaaaa, Nice info..semoga jadi amal ibadah yaaah.amiin.
    trima kasih banyak dan sangat amat membantu dari free 2GB skang jadi 63GB.

    ReplyDelete
  13. Terima kaih sharing ilmunya ya...

    ReplyDelete
  14. Terimakasih,,,,
    Akhirnya drive c saya tidak penuh lagi...

    ReplyDelete
  15. Terimakasih,,,,
    Akhirnya drive c saya tidak penuh lagi...

    ReplyDelete
  16. terima kasih gan sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  17. makasih gan, tips nya sangat membantu, ternyata sya baru tau kalau ada data windows OLD yang ternyata bikin berat banget..

    ReplyDelete
  18. Mantap gan untuk pembahasannya mengenai tips dalam membersihkan file pada Drive C. Sukses untuk pembahasan artikel lainnya

    ReplyDelete
  19. Terimakasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. maaf gan numpang tanya, kok di laptop ane system c nya penuh terus, udah pakek berbgai cara kagak mempan, dr ccleaner, menghapus restore point, hapus file idm, masih tetep gak mempan gan, setiap 5menit file c berkurang 50mb gan tanpa ak otak atik/ak biarin, ada yg bisa membatu atau kasih saran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. instal ulang aja bro, format partisi sistem cnya, sblum format pindai dulu data data yg perlu di d

      Delete
  22. makasih bantu banget. semoga menjadi amal ibadah. Aamiin.

    ReplyDelete
  23. Thanks Bro, sangat membantu. aku sudah coba saran sana-sini dari blog blog lain sampai ngak ada yang bisa hilangin itu tanda merah tetap saja ada. akhirnya putus asa dan berniat akan instal dan akhir mencoba lagi googling lagi dengan key " directory C full dan tidak bisa hilang" AJAIB blog ini ada di pencarian teratas. Thanks, God Bless You.

    ReplyDelete
  24. thanks.....ilmunya sangat membantu

    ReplyDelete
  25. makasih boss.. sangat membantu

    ReplyDelete
  26. Gan, di windows starter gk ada file wondows old gan. Cm ada folder windows aja. Gmn tuh?

    ReplyDelete
  27. klo gk ada windows old ny gmn y mbak? mhon jawaban ny mbak
    makasiihh

    ReplyDelete
  28. makasih bradeurrrr,,, brkurang smpe 17GB berooohh...

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Mksh, sangat membantu dan semga berkah

    ReplyDelete